L O A D I N G
blog banner
Hipotermia

Mengulas Tentang Apa Itu Hipotermia, Gejala dan Juga Langkah Pertolongannya

Istilah hipotermia mungkin jadi sesuatu yang sudah sering Anda dengar bukan. Lalu sebenarnya apa itu hipotermia? Mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Hipotermia adalah sebuah kondisi ketika suhu tubuh mengalami penurunan secara drastis di bawah angka 35 derajat Celcius. Ini tentunya menjadi kondisi yang berbahaya, karena jika seandainya suhu tubuh berada di bawah normal, maka nantinya akan menyebabkan fungsi organ-organ tubuh dan juga sistem saraf juga terganggu. Bahkan jika tidak segera ditangani maka nantinya bisa menyebabkan gagal jantung, kegagalan sistem pernapasan sampai dengan resiko kematian.

Lalu apa sajakah sebenarnya faktor-faktor yang bisa menyebabkan terjadinya hiportermia ini? berikut diantaranya yang harus Anda ketahui:

  1. Terlalu lama berada di tempat dingin, misalnya ada di tengah-tengah salju atau mungkin juga pegunungan.
  2. Memakai pakaian yang kurang tebal di tengah cuaca dingin, memang ketika Anda berada dalam kondisi cuaca dingin diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang tebal, sehingga nantinya bisa menjaga suhu badan tetap hangat. Jika tidak tentunya berpotensi untuk menyebabkan terkena hipotermia.
  3. Terlalu lama memakai pakaian yang basah.
  4. Terlalu lama berada di dalam air, namun bukan dalam konteks berenang atau bermain air, melainkan lebih kepada kondisi-kondisi darurat tertentu seperti terjadi kecelakaan kapal atau sejenisnya.

Adapun juga beberapa faktor resiko lainnya seseorang mudah terkena hipotermia, diantaranya adalah:

  1. Usia, bayi dan juga orang-orang yang sudah lanjut usia faktanya memang jauh lebih rentan terkena hipotermia, karena kemampuan tubuhnya sangat rendah, khususnya untuk menghangatkan suhu tubuh.
  2. Ketika kelelahan.
  3. Orang-orang yang mengalami gangguan mental, seperti diantaranya adalah demensia.
  4. Orang-orang yang memakai obat-obatan terlarang atau NAPZA.
  5. Mengonsumsi obat-obatan depresi dan juga obat penenang, maka akan lebih mudah terkena hipotermia.
  6. Penderita penyakit-penyakit tertentu layaknya radang sendi, stroke, penyakit parkinson sampai dengan diabetes dan juga hipotiroidisme.

Adapun juga beberapa gejala dari hipotermia ini yang harus diwaspadai, yaitu:

  1. Kedinginan atau menggigil.
  2. Mati rasa pada sebagian atau seluruh anggota tubuh.
  3. Kulit menjadi pucat dan juga terasa sangat dingin ketika disentuh.
  4. Penurunan respon.
  5. Terjadi gangguan saat berbicara.
  6. Kesulitan bergerak dan juga kaku.
  7. Terjadi penurunan kesadaran.
  8. Napas menjadi lambat bahkan juga kesulitan di dalam bernapas.
  9. Jantung berdebar-debar bahkan juga denyut jantung menjadi melambat.

Jika sudah mulai terasa gejala hipotermia ini maka harus segera dilakukan pertolongan, berikut ini beberapa langkah pertolongan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Segera memindahkannya ke tempat yang kering dan juga hangat. Sebaiknya pemindahan juga dilakukan secara hati-hati, karena jika seandainya gerakan berlebihan maka akan membuat denyut jantung berhenti.
  2. Segera ganti pakaiannya dengan yang kering jika seandainya pakaian tersebut basah.
  3. Menutup tubuh dengan menggunakan selimut yang tebal dan hangat.
  4. Jika orang tersebut dalam kondisi yang sadar maka Anda bisa memberikan minuman hangat dan juga manis untuk segera ditelan, ini akan mempercepat suhu tubuh meningkat.
  5. Temani dan juga pantau terus orang yang terkena hipotermia tersebut.

Sangat mungkin terjadi komplikasi pada penderita hipotermia jika tidak segera ditangani. Jadi hendaknya harus dilakukan pertolongan yang tepat untuk mengatasinya. Sekarang Anda tahu bukan apa itu hipotermia, gejala bahkan juga langkah pertolongannya. Kondisi yang satu ini bisa sangat mengancam nyawa.