L O A D I N G
blog banner
Inilah Jenis-Jenis Kain yang Digunakan untuk Bikin Jersey Futsal

Inilah Jenis-Jenis Kain yang Digunakan untuk Bikin Jersey Futsal

Kaos bola yang sekarang ini lebih sering disebut jersey sebenarnya berasal dari jenis kain yang digunakan untuk pembuatannya. Kain untuk pemain bola biasanya menggunakan bahan yang disebut jersey, yaitu kain yang terdiri dari serat katun keseluruhan atau bisa juga dicampur dengan serat-serat sintetis. Akan tetapi, sekarang ini penyebutan jersey pun sudah meluas bahkan untuk kaos yang dipakai penggemar. Untuk membedakan kaos milik fans dan pemain, jenis bahan jersey yang digunakan pun berbeda-beda. Dari yang paling bagus sampai yang paling murah. Oleh sebab itu, sebelum kamu bikin jersey futsal atau jersey lainnya, kenali dulu apa saja jenis-jenis kain jersey yang sekarang beredar di pasaran.

Jenis-Jenis Kain Jersey yang Umum

  1. Dri-fit Jersey

Bahan jersey jenis dri-fit ini paling sering dicari oleh penggemar bola atau pun futsal. Pasalnya, bahan dri-fit sangat ringan dan dingin jika dipakai. Kemampuannya menyerap keringat pun sangat bagus sehingga cocok untuk yang sedang ingin bermain olahraga tertentu.

Dri-fit sendiri adalah kain yang terbuat dari campuran serat kain katun, dengan nilon dan polyester. Warnanya juga beragam sehingga bisa dicari dari yang gelap hingga terang. Seperti kain lainnya, jersey dri-fit ini juga ada yang grade ori dan lokal. Jenis grade ori teksturnya sangat halus, kainnya elastis dan terlihat mengilat. Meskipun begitu tetap dingin dipakai dan biasanya digunakan para pembuat jersey import.

Sedangkan dri-fit lokal adalah jenis kualitasnya sedikit lebih rendah daripada grade ori. Kualitasnya memang hampir sama tetapi lubang porinya lebih besar dan harganya lebih terjangkau. Meskipun begitu peminat jersey dari jenis ini cukup tinggi.

  1. Jersey Serena

Jersey serena adalah kain jersey dengan kualitas yang cukup baik, teksturnya lembut dan halus tapi juga padat. Jenis ini juga biasanya digunakan untuk membuat pakaian olahraga karena sifatnya yang jatuh saat dipakai, adem, dan mudah kering ketika dicuci.

Kamu juga harus bisa membedakannya dengan serena salur. Meskipun hampir sama tetapi keduanya berbeda. Serena salur lebih bertekstrur garis-garis sedangkan jersey serena biasa tidak.

  1. Jersey Paragon

Berbeda dengan jenis jersey lainnya, kain jersey paragon lebih banyak digunakan untuk pembuatan jersey pebasket. Jersey jenis ini tidak sedingin jenis lainnya, malah cenderung hangat ketika digunakan. Kainnya pun tidak elastis sehingga biasanya dibuat besar supaya tidak sesak ketika dipakai. Inilah mengapa harganya juga cenderung lebih terjangkau daripada jenis kain lainnya.

Selain kain jersey untuk bikin jersey futsal, sepak bola, basket dan lain sebagainya, jenis kain jersey lain juga biasanya digunakan untuk pakaian sehari-hari. Antara lain ada jersey hight twist, jersey spandex, jersey stela, jersey etiway, jersey scarlet, dan jersey serly. Sekarang tinggal kain jersey seperti apa yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.